Road Trip menuju Jawa? Harus Singgah di Wonosobo!

Travelers, sudah menjajal road trip? Yup, perjalanan panjang dengan memakai kendaraan darat, melewati beraneka wilayah antar provinsi tersebut amat menarik serta menantang buat dicoba lho! Bila kamu ingin petualangan, kenapa tidak mencoba road trip melalui Pulau Jawa? Kamu tahu ‘kan, terdapat banyak destinasi ramai di Jawa yang dapat kamu lihat bersamaan dalam satu kali perjalanan. Wow seru! Sekian dari contoh, didalam road trip dari Jakarta menuju Yogyakarta, kamu bisa mampir di Wonosobo, sebab di daerah tersebut ada tidak sedikit destinasi yang disayangkan bila dilewatkan. Selaku kawasan yang berada di lintasan beragam obyek wisata populer, Wonosobo belum banyak meraih perhatian. Nyatanya, terkurung di tengah-tengah daratan Wonosobo, ada pantai cantik tersembunyi. Lebih dari hal tersebut, dataran tinggi Wonosobo pun menawarkan pemandangan menakjubkan. Apa aja obyek pariwisata menarik di Wonosobo? Kami sudah menulis daftarnya buat kamu semua yang sangat ingin menjajal pengalaman traveling road trip:

Dataran Tinggi Dieng

Inilah obyek wisata ikonik di Wonosobo. Gunung pada kawah-kawah vulkanik yang terbilang aktif, menjulang sampai 2.000 meter. Tidak cuma pemandangannya sangat cantik, Dataran Tinggi Dieng pun mempunyai candi-candi unik, Kompleks Candi Arjuna. Seluruh keindahan pemandangan hijau serta eksotisme candi berbalut udara sejuk pegunungan. Disini pun terdapat Museum Dieng “Kailasa”, yang mengandung beraneka temuan geologis serta arkeologis di sekeliling wilayah Dieng.

Waduk Wadaslintang dan Goa Erorejo

Waduk Wadaslintang merupakan danau buatan ukurannya super besar, secara panorama alam menakjubkan. Disini kamu pun bisa lihat pembangkit listrik tenaga air (PLTA), yang di bangun di aliran airnya. Adalagi goa bawah tanah Erorejo, yang cuma bisa dilihat saat danau agak mengering. Goa ini adalah suatu ekosistem ikan yang lumayan kompleks.

Air Terjun Sikarim

Air terjun ataupun curug ini harus dilihat untuk kamu yang gemar memburu matahari terbit, sebab disinilah lokasi terbaik buat lihat sunrise keemasan di Dieng. Air terjunnya pun indah, dengan panorama khas yang mempersejuk. Bila ingin kesini, sudah semestinya di musim kemarau sebab saat musim hujan bakal licin lalu airnya kecokelatan.

Telaga Menjer dan Bukit Seroja

Terletak dekat, Telaga Menjer serta Bukit Seroja “bekerja sama” menyuguhkan pemandangan yang sangat indah memukau. Panorama telaga dari puncak bukit pula amat cantik. Oh iya, Bukit Seroja pun menawarkan panorama sunrise yang tidak kalah dari Air Terjun Sikarim. Namun, alih-alih menyaksikan matahari terbit diantara bukit, kamu bakal lebih terpukau dari fenomena “si bola emas” yang mantul dari ke dalaman Telaga Menjer. Bila cuaca cerah, dari puncak bukit kamu dapat melihat panorama Kota Wonosobo.

Nah, itulah beragam tempat istimewa di Wonosobo, menjadi persinggahan sesaat dari petualangan road tripping mengeksplor Pulau Jawa. Dipastikan perjalananmu akan jadi tidak terlupakan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.