Pesawat

Dampak Buruk Naik Pesawat Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Naik Pesawat Bagi Kesehatan Makin berkembangnya mode transportasi amat membantu dan mempermudah tuk pergi ke suatu tempat yang diinginkan. Entah melalui jalur darat, laut, dan udara. Mayoritas orang pilih transportasi udara sebagai akses yang terbebas hambatan. Transportasi umum dipakai di jalur udara ialah pesawat terbang. Pesawat suatu alat transportasi yang tidak sedikit digunakan orang tuk jalan-jalan ke tempat yang tidak dekat, seperti antar provinsi, pulau, negara dan tuk ibadah haji sekalipun. Sehingga sejalan perkembangan waktu, transportasi laut kian menurun peminatnya untuk pergi ke tempat yang cukup jauh.

Walaupun menawarkan perjalanan cepat dan tanpa hambatan, suka naik pesawat pun punya beberapa macam problem kesehatan. Beberapa masalah ini bisa disebabkan oleh jarak tempuh yang begitu lama ataupun karena hal yang lain. Lebih jelasnya, dibawah ini ada sekian macam akibat suka naik pesawat untuk kesehatan tubuh.

  1. Bau Mulut. Saat naik pesawat, tekanan udara makin besar. Hal ini menjadikan fungsi tubuh melambat selama ada didalam pesawat. Hingga tubuh bakal lebih memprioritaskan fungsi lain sebagai pengganti fungsi tubuh yang lambat tadi. Satu diantaranya berdampak di kelenjar ludah yang menciptakan produktivitas air liur jadi menurun. Hasilnya bakteri yang ada di dalam mulut berkembang dan menyebabkan bau tak sedap ada mulut alias bau mulut.
  2. Kaki Bengkak. Saat duduk dalam jangka waktu lama dan ada di tempat sempit bisa membuat kaki jadi bengkak. Begitu pula saat naik pesawat yang punya tempat duduk sempit serta tidak bisa dibuat selonjoran. Manalagi perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan tempuh waktu lama bisa membuat kaki bengkak. Dehidrasi juga dalam pesawat, bila tak sedia air mineral untuk bekal perjalanan. Tidak hanya bengkak, kaki bakal kesemutan dan memberikan rasa tak nyaman ketika naik pesawat. Disarankan pilih pesawat yang punya tempat duduk cukup luas dan bisa dibuat tidur maupun selonjoran hingga bisa terhindar dari masalah kaki bengkak juga kesemutan.
  3. Menurunkan Selera Makan. Menurut suatu penelitian tahun 2010 menunjukan saat naik pesawat, seseorang kehilangan kemampuan tuk merasakan makanan hingga 30%. Hal ini disebabkan udara kering didalam pesawat menjadikan selaput lendir serta saluran hidung jadi kering dan tidak lembab. Hingga menurunkan kemampuan merasa makanan dan menurunkan selera makan.
  4. Pusing dan Pening. Naik transportasi udara setingkat lebih sering terkena hal yang tak terduga, contohnya saat jalur penerbangan dihadang awan cumulonimbus (mendung) yang cukup berbahaya untuk penerbangan. Sehingga pilot pilih menaikkan pesawat agak tinggi. Makin tinggi jalur pesawat yang diambil, so kadar oksigen semakin menurun. Bila tubuh kekurangan oksigen bisa membuat kepala jadi pusing, pening juga mudah lelah. Namun tak usah kawatir, saat kadar oksigen didalam pesawat makin menipis, otomatis kantong udara bakal turun. Dan cara pemakaiannya sudah diterangkan oleh setiap pramugara/i sebelum take off.
  5. Kulit Kering. Didalam kabin pesawat, kelembaban udara kemungkinan turun. Hal ini bisa memberikan masalah terhadap kulit, yaitu kulit kering. Disamping itu, bagi yang punya alergi atas suhu dingin diharuskan tuk membawa pakaian tebal semacam jaket ataupun sweater saat naik pesawat.
  6. Sembelit. Duduk begitu lama bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan, yang sangat banyak dirasakan ialah sembelit alias susah buang air. Begitu pula saat naik pesawat pada tujuan yang makan waktu tidak sebentar. Selain bisa beresiko kena sembelit juga bisa mengalami perut kembung, sakit perut.

Nah, demikianlah beberapa macam gangguan saat naik pesawat yang harus diketahui. Jadi, pesawat adalah alat transportasi rute udara yang kali ini sudah banyak sekali minati orang. Karena anti macet lalu lebih cepat tiba ke tujuan yang jauh ataupun dekat. Hanya kedalam hitungan jam saat melakukan perjalanan jauh bila dibandingkan jenis transportasi lain. Tetapi, naik pesawat pun punya resiko yang mirip dengan naik transportasi lain. Semoga bermanfaat, happy flying!

Leave a Reply

Your email address will not be published.