dolphin centre

Beberapa Wisata ‘Tersembunyi’ di Jalur Pantura

Tak perlu khawatir berhadapan macet kala mudik. Anda cukup membelokan sedikit kemudi lalu mencari suasana yang sama asyik. Destinasi di sepanjang jalur Pantura disini bisa jadi lokasi isitirahat yang seru selama mudik. Ingin tahu? Tak melulu musti beristirahat di rest area. Bila perjalanan mudik melewati jalur Pantura, Anda bakal menemukan tujuan wisata yang bisa memungkinkan pikiran kian tenang. Anda berikut keluarga pula bisa mampir walau sekadar makan maupun mengendorkan otot yang capek. Ada beberapa wisata diantaranya sudah kami rangkum dibawah.

  1. Kampung Batik Trusmi, Cirebon. Kampung Batik Trusmi ada di Desa Trusmi, Plered. Setiap kali musim mudik Lebaran ataupun liburan kampung pengrajin batik itu besar kunjungan wisatawan. Di Kampung Batik Trusmi turis bakal disuguhkan beragam model batik secara corak batik pesisir. Tuk urusan nilai, batik Trusmi pun bersahabat. Dengan bayar mulai Rp 25.RIBU sampai Rp 300 ribu, Anda telah membawa batik Trusmi jadi cinderamata buat keluarga di kampung. Pemudik yang kearah daerah Jawa Tengah sekitarnya, bisa menemui Kampung Batik Trusmi jika melewati jalur Kota Cirebon. Dari Tol Kanci yang kearah Jawa Tengah, atau pertigaan Palimanan, Anda ke kiri kearah Cirebon. setelah melihat perempatan Plered, belok kiri lagi. Nah, bila sudah melihat toko-toko batik di kanan kiri jalan, artinya Anda telah tiba di Kampung Batik Trusmi.
  2. Pantai Alam Indah, Tegal. Memasuki sekitar Tegal, Jawa Tengah, andai lelah Anda bisa mampir sesaat di Pantai Alam Indah. Obyek wisata dekat sentra Kota Tegal ini punya letak yang begitu strategis lantaran ada dalam jalur Pantura. Satu dari Jajaran Pantai Utara ini, memberikan panorama pantai yang bagus. Deburan ombak yang tinggi dari Laut Jawa jadi latar belakang yang mempesona. Anda bisa nyantai di tepi pantai, sembari mengendorkan otot-otot tubuh kala melakukan traveling ke kampung halaman. Tidak sedikit hal yang dapat pelancong perbuat disini, mulai bersantai di pinggir pantai, renang, hingga main perahu mengelilingi Pantai Alam Indah.
  3. Pantai Widuri, Pemalang. Pantai Widuri adalah salah satu tujuan wisata di Desa Widuri alias sisi utara arteri Pantura, Jawa Tengah. Tak sembarang pantai, lokasi ini pun menyediakan beragam wahana game. Tak kalah dengan Ancol, tujuan Pantai Widuri lengkap dengan water slide secara tinggi 13 km juga wahana Kids Water Playground. Dengan cuma bayar tiket masuk Rp 15.000 per orang, Anda dapat beristirahat sembari main di Pantai Widuri menjelang sampai di kampung halaman. Tapi, bila Anda tak mau mengeluarkan biaya begitu banyak, bisa bermalam di wilayah Pantai Widuri.
  4. Batang Dolphin Center, Batang. Mudik naik kendaraan pribadi dengan keluarga, kadang bisa menjadikan si kecil jenuh alias rewel. Tuk pemudik yang mau menuju ke Semarang, Tuban, Surabaya,bisa mampir ke Batang Dolphin Center, Batang, Jawa Tengah. Dengan bayar tiket masuk Rp 20.000 per orang, Anda serta keluarga bisa istirahat sambil melihat atraksi lucu lumba-lumba yang terdapat di Batang Dolphin Center. Tidak cuma sebagai pusat penangkaran lumba-lumba, Batang Dolphin Center pun jadi obyek wisata yang mengasyikkan. Untuk tiba di Batang Dolphin Center, dari Jl. Raya Pantura Anda cukup membuat alun-alun Batang jadi patokan. Kira-kira 10-15 meter jauhnya.
  5. Lawang Sewu, Semarang. Punya waktu lebih kala perjalanan mudik Lebaran? Ketika melewati Kota Semarang, Anda boleh memilih menghindari lewat tol dan memilih jalur didalam kota. Dengan demikian, Anda bisa meluangkan diri berkunjung ke Lawang Sewu. Lawang Sewu alias Seribu Pintu adalah bekas gedung kolonial Belanda. Bangunan historis yang pun menjadi lambang Kota Semarang ada di area Simpang Lima. Disamping sejarahnya, keindahan arsitekturnya membuat Lawang Sewu jadi destinasi wisata favorit.
  6. Goa Maharani, Lamongan. Kala kendaraan Anda masuk ke Kecamatan Paciran, Jawa Timur yang ada di pinggir jalur primer Pantura atau Akses Raya Daendels, di Lamongan ada goa kapur yang amat indah, bernama Goa Maharani. Goa ini punya stalaktit dan stalagmit yang hingga sekarang masih tetap tumbuh dengan panjang satu centimeter tiap 10 tahun sekali. Menurut kisah, Goa Maharani adalah goa terbaik karena keelokannya yang bisa disandingkan dengan Goa Altamira di Spanyol, Goa Mammoth di Amerika Serikat, juga Goa Coranche di Perancis. Tidak jauh dari Goa Maharani terdapat makam Sunan Drajat serta makam Sunan Sendang Duwur, mereka adalah penyebar agama Islam di Kepulauan Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.